Welcome

Selamat Datang Gan

Sabtu, 22 Juni 2013

LAYANAN SISTEM OPERASI


  1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Command-Interpreter System!
Command interprenter system adalah semacam aplikasi yang berfungsi untuk membaca instruksi dan menyediakan beberapa fungsi standar dan fungsi dasar yang dapat dipanggil oleh aplikasi/program maupun piranti lunak lain. Command-Interpreter System bisa untu, mengeksekusi  kode program secara langsung, menterjemahkan kode ke dalam beberapa representasi intermediate yang efisien lalu segera mengeksekusinya, atau juga mengeksekusi kode tersimpan yang di buat oleh kompiler secara eksplisit sebagai bagian dari sistem penerjemah. Contohnya adalah Command Prompt pada Windows XP (DOS pada Windows 98). Perbedaan  Command Interpreter dengan Shell : Shel adalah  bagian dari sistem operasi yang menyediakan antarmuka untuk pengguna, sedangkan Command Interpreter lebih ke mengekseskusi perintah-perintah yang di buat oleh user tadi, sehingga dapat di jalankan oleh sistem.

  1. Apakah tujuan dari System Calls?
Tujuan dari system calls adalah sebagai jembatan operasi antara OS dengan proses. Lebih tepatnya dikatakan bahwa sistem call merupakan cara pemanggilan di program aplikasi untuk memperoleh layanan yang disediakan oleh sistem operasi.

  1. Sebutkan lima layanan yang disediakan oleh Sistem Operasi!
a.        Pembuatan program.
b.        Eksekusi program.
c.        Operasi masukan/keluaran.
d.        Manipulasi sistem berkas.
e.        Komunikasi
  1. Sebutkan tujuan dari system program!
Sistem program bertujuan membaca berkas yang diberikan atau mungkin bertanya pada operator tentang informasi yang berhubungan dengan perangkat keras tersebut.

  1. Jelaskan dua model komunikasi pada Sistem Operasi!
Dua model komunikasi:
Message-passing -->Pertukaran informasi dilakukan melalui fasilitas komunikasi antar proses yang disediakan oleh sistem operasi.
        Shared-memory -->Proses menggunakan memori yang bisa digunakan oleh berbagai proses untuk pertukaran informasi dengan membaca dan menulis data pada memori tersebut

1 komentar:

Entri Populer