Welcome

Selamat Datang Gan

Sabtu, 22 Juni 2013

“ Layanan Sistem Operasi” bagian II


    1. Terangkan dengan singkat, pasangan konsep berikut ini. Terangkan pula perbedaan atau/dan    persamaan pasangan konsep tersebut  :

a.    ''Symetric Multiprocessing'' vs. ''Asymetric Multiprocessing''.

               Dalam ''Symetric Multiprocessing setiap prosesor menjalankan salinan identik dari sistem operasi dan banyak job yang dapat berjalan di suatu waktu tanpa pengurangan kinerja. Sementara itu dalam Asymetric Multiprocessing setiap prosesor diberikan suatu tugas yang spesifik.
perbedaan antara Symetric Multiprocessing dan Asymetric Multiprocessing :
Pada symmetric multiprocessing tiap processor mempunyai sistem operasi yang sama dan dapat melakukan komunikasi antar processor,
               sedangkan asymmetric multiprocessing satu processor berfungsi sebagai master  rocessor yang bertugas mengatur penjadwalan dan mengalokasikan kerja tiap processor dan processor lain berfungsi sebagai slave

b.    ''Distributed Systems'' vs. ''Clustered Systems''.

               Sistem terdistribusi adalah mendistribusikan komputasi di antara beberapa processorProcessor berkomunikasi dengan processor lain melalui saluran komunikasi, misalnya bus kecepatan tinggi atau saluran telepon. Sedangkan sistem terklaster adalah pengembangan dari sistem terdistribusi yaitu sistem komputer yang memungkinkan dua atau lebih sistem untuk membagi penyimpan sekunder (storage) bersama-sama.
                Perbedaan sistem terklaster dengan sistem terdistribusi adalah pada sistem terklaster memungkinkan dua atau lebih sistem untuk membagi penyimpan sekunder (storage) bersama-sama. Sistem terklaster mempunyai kehandalan sistem yang tinggi seperti pada sistem terdistribusi

c.    ''Microkernels'' vs. ''Virtual Machines''.

                Kernel adalah komponen sentral dari sistem operasi. Ia mengatur hal-hal seperti interrupt handler(untuk menyediakan layanan interupsi), process scheduler(membagi-bagi proses dalam prosesor), memory management, I/O, dan sebagainya. Atau dengan kata lain, ia adalah jembatan antara hardware dengan software.
Virtual machine, atau sering disebut VM saja merupakan software yang digunakan untuk mensimulasikan lingkungan kerja suatu perangkat komputer secara virtual.dengan menggunakan VM berarti anda membuka OS didalam OS dalam artian  untuk hal - hal yang sifatnya coba - coba (eksperimental).

d.    ''Hard Real-time'' vs ''Soft Real-time''.

                Hard real time system menjamin suatu proses yang paling penting dalam sistem akan selesai dalam jangka waktu yang valid. Jaminan waktu yang ketat ini berdampak pada operasi dan perangkat keras (hardware) yang mendukung sistem. Dari segi (hardware), memori jangka pendek (short-term memory) atau read-only memory (ROM) menggantikan hard-disk sebagai tempat penyimpanan data. Kedua jenis memori ini dapat mempertahankan data mereka tanpa suplai energi. Ketatnya aturan waktu dan keterbatasan hardware dalam sistem ini membuat ia sulit untuk dikombinasikan dengan sistem lain, seperti sistim multiprosesor dengan sistem time-sharing.
Soft real time system tidak memberlakukan aturan waktu seketat hard real time system. Namun, sistem ini menjamin bahwa suatu proses terpenting selalu mendapat prioritas tertinggi untuk diselesaikan diantara proses-proses lainnya. Sama halnya dengan hard real time system, berbagai operasi dalam sistem tetap harus ada batas waktu maksimum.

2. Sebutkan keuntungan dalam penggunaan sistem lapisan! Jelaskan!
Keuntungan utamanya adalah modularitas atau rancangan modular, yaitu sistem dibagi menjadi beberapa modul dan tiap modul dirancang secara independen.. Pendekatan berlapis menyederhanakan rancangan, spesifikasi dan implementasi sistem operasi. Pendekatan ini mempermudah debug dan verifikasi sistem. Lapisan pertama bisa di debug tanpa mengganggu sistem yang lain karena hanya menggunakan perangkat keras dasar untuk implementasi fungsinya. Bila terjadi error saat debugging sejumlah lapisan, error pasti pada lapisan yang baru saja di debug, karena lapisan dibawahnya sudah di debug.

3. Jelaskan salah satu kesulitan besar dalam penggunaan sistem lapisan !
                Salah satu kesulitan besar dalam sistem terlapis disebabkan karena sebuah lapisan hanya bisa menggunakan lapisan-lapisan dibawahnya, misalnya: backing-store driver, normalnya diatas penjadual CPU sedangkan pada sistem yang besar, penjadual CPU punya informasi tentang proses yang aktif yang ada di memori. Oleh karena itu, info ini harus dimasukkan dan dikeluarkan dari memori, sehingga membutuhkan backing-store driver dibawah penjadual CPU. Kesulitan lainnya adalah paling tidak efisien dibandingkan tipe lain. Ketika pengguna mengeksekusi M/K, akan mengeksekusi lapisan M/K, lapisan managemen memori, yang memanggil lapisan penjadual CPU. Yang lain adalah fungsi-funsgi sistem operasi harus diberikan ke tiap lapisan secara hati-hati
4. Sebutkan beberapa obyek yang ada pada level dua sistem lapisan!
Pada level ini adalah set instruksi pada prosesor. Operasinya adalah instruksi bahasa-mesin, seperti menambah, mengurangi, load dan store.

5. Sebutkan cara-cara yang dipakai untuk membuat alamat logis yang dilakukan pada level tujuh!

Cara-cara yang sering dipakai adalah menggunakan ukuran halaman yang tetap, menggunakan segmen sepanjang variabelnya, dan menggunakan cara keduanya. Ketika blok yang dibutuhkan tidak ada dimemori utama, alamat logis pada level ini meminta transfer darilevel6.

Sampai point ini, sistem operasi mengatasi sumber daya dari prosesor tunggal. Mulai level 8, sistem operasi mengatasi obyek eksternal seperti peranti bagian luar, jaringan, dan sisipan komputer kepada jaringan

6. Sebutkan salah satu keuntungan kernelmikro!
            Keuntungan dari kernel mikro adalah :
a.      sangat suport terhadap os yang berorientasi objek
b.      kemudahan dalam memperluas sistem operasi
c.      mudah untuk diubah ke bentuk arsitektur baru
d.   kode yang kecil dan lebih aman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer